SINARMAS GROUP


Sinarmas Group merupakan salah satu grup perusahaan yang memiliki kegiatan di berbagai unit usaha. Hingga saat ini, setidaknya Sinarmas Grup memfokuskan aktivitasnya pada enam unit usaha utama, diantaranya adalah industri Pulp and Paper, Agribisnis dan Makanan, Keuangan, Pengembang dan Realestat, Telekomunikasi, serta Energi dan Infrastruktur.

Unit Usaha Sinarmas Grup

Sinarmas Grup merupakan perusahaan yang cukup konsisten dalam membangun dan mengembangkan bisnisnya. Tidak tanggung-tanggung, Sinarmas memiliki enam unit atau divisi usaha yang semuanya adalah perusahaan terkemuka di Indonesia. Berikut ini uraian singkat mengenai divisi usaha Sinarmas Group.

Unit Usaha Sinarmas Bidang Industri Pulp and Paper

Bergerak di bidang industri Pulp and Paper, Sinarmas Grup memulai usahanya pada tahun 1974, yaitu dengan berdirinya PT. Tjiwi Kimia yang merupakan produsen bahan-bahan kimia untuk keperluan industri kertas. Seiring perkembangan waktu, akhirnya Sinarmas mulai memproduksi kertas dalam skala kecil. Perkembangan industri Pulp and Paper kemudian melesat setelah mengambil alih kepemilikan Pindo Deli dan Indah Kiat Pulp Paper. Hingga kini, industri pulp and paper Sinarmas Grup semakin berkembang, dengan perusahaan utamanya Asia Pulp & Paper.

Unit Usaha Sinarmas Bidang Agribisnis dan Makanan

Unit usaha lain adalah Agribisnis dan Makanan. Sinarmas memulai usahanya pada tahun 1968 dengan mendirikan Pabrik Bitung Manado Oil Ltd. Setelah mengawali kegiatannya dalam perdagangan minyak goreng dan kopra, akhirnya Sinarmas mendirikan pabrik tersebut, yang merupakan pabrik pertama minyak goreng. Dengan kemajuan usaha dibidang industri minyak goreng ini, Sinarmas kemudian mengembangkan usahanya dengan membangun perkebunan kelapa sawit. Pada perkembangannya, perkebunan kelapa sawit ini menjadi pilar utama dalam divisi agribisnis dan makanan.

Unit Usaha Sinarmas Bidang Keuangan dan Permodalan

Diversifikasi usaha juga dilakukan oleh Sinarmas Grup dengan mengembagkan unit usaha baru di bidang keuangan. Kiprah pertamanya diawali dengan mengakuisisi sebuah bank pada tahun 1982 yang kemudian dilanjutkan dengan mengambil alih kepemilikan Bank Shinta Indonesia pada tahun 2005. Dalam unit usaha keuangan ini, Sinarmas bisa dibilang mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Pilar utama dalam divisi keuangan ini diantaranya adalah Bank Sinarmas, Asuransi Sinarmas, Sekuritas Sinarmas, Asuransi Jiwa Sinarmas, dan Mulitifinance Sinarmas.

Unit Usaha Sinarmas Bidang Pengembang dan Realestat

Divisi ini diawali dengan penyediaan dan pengadaan rumah tinggal bagi masyarakat. Sinarmas kemudian mengembangkan sayapnya dengan merambah pada penyediaan gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan atau lokasi usaha. Sinarmas mulai mengembangkan usahanya pada divisi pengembang dan realestat ini pada tahun 1988 dengan mendirikan Duta Pertiwi. Salah satu hasil gemilang dari Duta Pertiwi ini adalah pembangunan dan pengembangan pusat perbelanjaan International Trade Center (ITC) Mangga Dua, yang diresmikan pada tahun 1989. Tak berhenti disitu, pada tahun 1994, perusahaan ini memelopori pengembangan sebuah kondominium mewah. Kini aktivitas Duta Pertiwi telah merambah pada pengembangan lokasi industri dan kota mandiri.

Unit Usaha Sinarmas Bidang Telekomunikasi

Pengembangan, terobosan, dan inovasi terus dilakukan oleh Sinarmas Group, hingga akhirnya membawa grup perusahaan ini untuk mengembangkan sayapnya di bidang telekomunikasi. PT. Smartfren Telecom, Tbk. adalah anak kandung dari Sinarmas Group. Smarfren merupakan salah satu operator seluler berbasis teknologi CDMA. Salah satu prestasi besar Smartfren adalah sebagai operator CDMA pertama di seluruh dunia yang menyediakan layanan CDMA EV-DO Rev. B dan Blackberry. Lonjakan teknologi tersebut membuat perusahaan ini semakin dilirik oleh masyarakat pengguna jaringan CDMA, bahkan karena kecepatan akses internetnya, menjadikan Smartfren sebagai operator CDMA paling banyak diburu masyarakat untuk fasilitas koneksi internet.

Unit Usaha Sinarmas Bidang Energi dan Infrastruktur

Bisnis dibidan energi dan infrastruktur diawali dengan membangun empat unit pembangkit listrik pada tahun 1998. Keempat unit pembangkit listrik tersebut dibangun di tiga wilayah, yaitu Tangerang, Serang dan Kerawang, yang memiliki kapasitas 300 MegaWatt. Fokus utama kegiatan bisnisnya adalah pembangkit listrik, penyedia infrastruktur telekomunikasi, dan tambang batubara.

Website Sinarmas Group

Untuk masuk ke website Sinarmas Group silahkan klik link berikut :

http://www.sinarmas.com

LOGO TANIJOGONEGORO
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus