DAFTAR ISTILAH SEPUTAR FOREX TRADING (Q-S)

Quote

Quote adalah sebuah indikasi harga pasar pada waktu tertentu.

Quoted currency

Mata uang kedua dari dalam pasangan mata uang. Untuk EUR/USD, USD adalah quoted currency. Nilai tukar quoted currency adalah berapa banyak unit mata uang kedua yang akan diterima untuk satu unit mata uang dasar.

Rally

Rally adalah sebuah pemulihan setelah periode penurunan harga atau nilai tukar.

Range

Selisih antara harga tertinggi dan terendah dari suatu aset selama sesi perdagangan tertentu.

Rate

Harga atau nilai tukar mata uang atau komoditas.

Repo - Re-purchase

Jenis perdagangan ini melibatkan penjualan dan pembelian ulang pada instrumen, pada waktu dan tanggal tertentu. Biasanya terjadi di pasar uang jangka pendek.

Resistance

Sebuah istilah yang digunakan dalam analisis teknis menunjukkan tingkat harga tertentu di mana mata uang sangat kecil kemungkinannya untuk bergerak naik ada batas yang telah ditetapkan. Jika pergerakan harga menembus batas resistance, biasanya kecenderungan harga mata uang bersangkutan akan terus naik sangat besar.

Risk Management

Risk management atau manajemen risiko adalah identifikasi, penilaian, dan prioritas risiko diikuti oleh aplikasi terkoordinasi dan ekonomis sumber daya untuk meminimalkan, memantau, dan mengendalikan probabilitas dan/atau dampak dari peristiwa malang atau untuk memaksimalkan realisasi kesempatan. Risiko dapat berasal dari ketidakpastian di pasar keuangan. Strategi untuk mengelola risiko termasuk mentransfer risiko kepada pihak lain, menghindari risiko, mengurangi efek negatif risiko, dan menerima beberapa atau semua konsekuensi dari risiko tertentu.

Roll-Over

Proses dimana penyelesaian kesepakatan bergulir ke depan (forward) untuk tanggal lain. Biaya proses ini didasarkan pada perbedaan suku bunga dari dua mata uang.

Settlement

Proses di mana perdagangan dimasukkan ke dalam buku dan catatan dari para counterparty untuk sebuah transaksi. Penyelesaian transaksi mata uang mungkin melibatkan pertukaran fisik yang sebenarnya dari satu mata uang yang lain.

Short

Short adalah menjual suatu instrumen (tanpa benar-benar memilikinya), seorang trader mengambil posisi short dengan harapan bahwa harga akan turun sehingga instrumen yang dimaksud dapat dibeli kembali dengan mengambil keuntungan.

Short Position

Posisi investasi yang memperoleh manfaat dari penurunan harga pasar. Ketika mata uang dasar dalam pasangan dijual, maka dikatakan posisi short.

Spot

Sebuah transaksi yang terjadi saat ini, tetapi dana biasanya akan berpindah tangan dalam waktu dua hari kerja setelah terjadi kesepakatan.

Spot Price

Harga pasar saat ini. Penyelesaian transaksi spot biasanya terjadi dalam waktu dua hari kerja.

Spread

Spread adalah perbedaan antara bid dan offer (ask) harga; digunakan untuk mengukur likuiditas pasar.

Stop Loss Order

Perintah untuk membeli/menjual pada harga yang telah ditentukan untuk mengurangi kerugian akibat pergerakan harga pasar tidak sesuai dengan estimasi.

Support Levels

Suatu teknik yang digunakan dalam analisis teknis yang menunjukkan batas harga bawah dari pasangan mata uang tertentu. Dengan kata lain, support level merupakan pasangan atau lawan dari resistance.

Swap

Swap mata uang adalah penjalan dan pembelian semultan dalam jumlah yang sama dari suatu mata uang.

LOGO TANIJOGONEGORO
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus