Peluang Dan Strategi Blogging Untuk Bisnis Online


Peluang Dan Strategi Blogging Untuk Bisnis Online - Apa itu blog? Blog merupakan salah satu aplikasi web yang memberikan fasilitas untuk memuat tulisan-tulisan sebagai posting pada website umum. Bisa juga dikatakan bahwa blog merupakan website yang berisi tentang tulisan-tulisan, dengan tema sangat beragam. Media blog pertama kali diperkenalkan oleh blogger.com, sebuah situs penyedia fasilitas untuk penulisan blog yang dibuat oleh Pyra Labs. Seiring dengan perkembangan dunia teknologi informasi dan telekomunikasi, blogger.com tumbuh semakin pesat, dan popularitasnya semakin melambung. Pada akhir tahun 2002, kepemilikan blogger.com diakuisisi oleh Google Inc. sebuah perusahaan intenasional yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin.

Fungsi Blog

Blog mempunyai fungsi sangat beragam, tergantung dari tujuan Si Penulis atau Pembuat blog, mulai dari catatan harian, penulisan pengalaman pribadi, penulisan artikel, berita, media publikasi opini, hingga media sosialisasi program-program perusahaan. Saat ini fungsi blog semakin bertambah luas, maraknya pengguna internet membuat para pelaku bisnis mulai memanfaatkan blog untuk memasarkan dan memperkenalkan produk-produk yang mereka tawarkan.

Jumlah Pengguna Internet Di Indonesia

Untuk melihat sejauh mana peluang bisnis online di Indonesia, maka kita harus mengetahui terlebih dahulu seberapa banyak pengguna internet di Indonesia. Menurut data dari Bank Dunia, jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2013 hanya sekitar 15,82%. Angka tersebut masih sangat jauh jika dibanding dengan dua negara tetangga kita, yaitu Malaysia 66,97% dan Singapura 73%. [Sumber]

Sementara jumlah penduduk di Indonesia lebih dari 200 juta jiwa. Menurut data Bank Dunia, jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2013 yang lalu diperkirakan mencapai 249,8656 juta jiwa. [Sumber]

Jika prosentase jumlah pengguna internet di Indonesia dikalikan dengan jumlah penduduk, maka bisa kita perkirakan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia sekitar 39.528.737,92. Meskipun belum terlalu besar, namun jumlah tersebut sudah bisa kita jadikan sebagai pangsa pasar untuk mengembangkan usaha bisnis online.

Peluang Blogging Untuk Mengembangkan Bisnis Online

Telah kita hitung di atas, bahwa pangsa pasar pengguna internet sangat besar. Bayangkan jika angka tersebut akan terus bertambah setiap tahunnya, dan bisa kita bayangkan bagaimana pangsa pasar pada lima tahun mendatang? Itulah parameter awal untuk mengambil keputusan apakah mau terjun ke binis online atau tidak.

Selain pangsa pasarnya yang cukup besar, blogging juga memiliki peluang untuk mempublikasikan produk-produk yang kita tawarkan ke seluruh daerah, bahkan dunia. Ingat, blog dapat diakses oleh setiap orang dimananpun berada, asalkan tersedia layanan jaringan untuk akses internet. Kondisi ini tentunya sangat menguntungkan, karena bisnis online yang kita jalankan akan dikenal di seluruh daerah.

Kelebihan lain dari blog untuk mengembangkan bisnis online adalah hemat biaya, bahkan banyak para pelaku binis online yang memanfaatkan fasilitas gratis dari berbagai penyedia fasilitas pembuatan blog, seperti blogger. Anda tidak perlu untuk membangun toko atau kios fisik untuk memajang dan memasarkan produk. Cukup dengan satu unit komputer atau laptop, dan fasilitas akses internet, maka sudah bisa membuat toko online gratis. Caranya juga cukup mudah dan sederhana, cukup ambil foto produk atau copy gambar katalog, kemudian upload ke blog yang telah kita buat, maka kita sudah memiliki media untuk memasarkannya.

Secara teknis, pembuatan blog juga mudah dilakukan, baik dengan hosting berbayar maupun gratis. Semua fitur dan fasilitas telah tersedia, termasuk template dengan gaya yang bervariasi, tinggal kita pilih dan operasikan. Bagi seorang pemula, mungkin butuh waktu beberapa hari untuk mengenali fitur-fitur yang tersedia. Semua fasilitas sudah tersedia di situs-situs di penyedia layanan pembuatan blog, seperti blogger.com, wordpress.com, blogdetik.com, dll.

Untuk lebih lengkapnya mengenai teknis pembuatan blog, silahkan baca artikel kami CARA MEMBUAT BLOG GRATIS DI BLOGGER. Mengapa saya mengajurkan untuk menggunakan blogger.com? Secara teknis, pengoperasian blogger.com tergolong mudah. Fitur-fitur yang disertakan juga cukup lengkap, sehingga secara pribadi saya menilai situs ini cocok untuk pemula. Blogger.com juga terhubung langsung dengan jejaring sosial Google Plus, sehingga memudahkan pengoperasian dan promosi blog kita. Hingga saat ini, saya pribadi masih mengunakan blogger.com sebagai platform blog saya.

Faktor pendukung untuk menjalankan bisnis online juga sangat banyak, seperti ekspedisi yang semakin mudah dan sudah sampai ke pelosok (PT. Pos Indonesia), harga perangkat teknologi semakin terjangkau, akses internet semakin luas, dan perubahan gaya hidup masyarakat yang semakin dimanjakan oleh perkembangan teknologi.

Konsep Blogging Untuk Bisnis Online

Konsep blog yang akan kita buat tentu saja disesuaikan dengan tujuan dan jenis binis online yang akan kita pilih. Jenis bisnis online sebenarnya sangat bervariasi, tergantung pada kreativitas dan kemampuan pelaku. Namun, secara umum ada beberapa jenis bisnis online yang biasa dijalankan, antara lain menjual produk dan jasa, bergabung dalam program afiliasi, pendapatan dari iklan CPC/CPM, menjual inventori iklan mandiri, serta review produk.

Jika Anda memilih bisnis online untuk memasarkan produk dan membuat toko online, silahkan baca Cara Membuat Toko Online Gratis. Untuk bergabung dalam program afiliasi, silahkan baca artikel kami Bisnis Online Tanpa Modal, GRATIS!!! sebagai referensi. Sedangkan untuk bergabung dengan penyedia iklan CPC/CPM, Anda bisa mengunjungi Google Adsense, Kliksaya, AdPlus, AdStar, atau IdBlogNetwork. Diantara penyedia iklan tersebut, Google Adsense merupakan penyedia iklan CPC premium yang menjadi impian para blogger.

Strategi Blogging Untuk Bisnis Online

Dengan strategi blogging yang tepat, bisnis online yang kita jalankan tidak perlu dikelola siang malam untuk memperkenalkan produk yang kita tawarkan kepada masyarakat. Sebagai contoh, jika bisnis online dijalankan secara konvensional, hanya dengan menawarkan kepada teman-teman kita di jejaring sosial, misalnya twitter atau facebook, maka waktu kita akan tersita habis untuk mempromosikannya. Bahkan tidak sedikit yang sudah menghabiskan waktu siang malam untuk mempromosikan di jejaring sosial tetapi target penjualan tidak tercapai.

Hal ini sangat berbeda jika bisnis online dikembangkan melalui blog. Kita bisa memanfaatkan mesin pencari (search engine) untuk mempromosikan produk yang ditawarkan. Tampil di halaman pertama hasil penelusuran search engine memang menjadi impian dan target para blogger agar blog yang kita buat bisa mendapatkan pengunjung tinggi. Dengan pengunjung tinggi, maka peluang bisnis online yang kita jalankan semakin besar. Namun, bukanlah hal mudah agar blog yang kita buat bisa tampil di hasil penelusuran mesin pencari. Butuh strategi dan langkah-langkah jitu untuk mencapai target yang kita cari. Biasanya juga membutuhkan waktu berbulan-bulan bagi blog baru agar bisa bersaing di hasil penelusuran mesin pencari.

Bagaimana strategi yang harus kita jalankan? Berdasarkan pengalaman penulis secara pribadi, yang sudah menggeluti dunia blogging semenjak tahun 2012, ada beberapa strategi jitu yang bisa diterapkan untuk membuat blog kita mampu bersaing pada hasil penelusuran mesin pencari. Berikut beberpa strategi yang harus dilakukan secara konsisten:

Pilih Materi Yang Tepat
Usahakan untuk memilih materi yang tepat, sesuai dengan kemampuan dan penguasaan Anda terhadap meteri tersebut. Pemilihan materi diluar kemampuan dan penguasaan kita tentu akan mempersulit pembuatan posting atau artikel. Jika Anda ingin membuat blog yang menjual fashion, maka Anda harus menguasai tentang fashion, mulai dari model, jenis bahan, ukuran, harga, dll. Pembuatan blog yang didukung dengan materi berbasis teks akan lebih kuat daya saingnya di hasil penelusuran mesin pencari. Misalnya, jika Anda berniat menjual kaos, maka buatlah deskripsi tentang kaos tersebut, semakin lengkap informasi yang diberikan akan semakin baik peluang untuk bersaing di hasil penelusuran mesin pencari. Selain itu, informasi yang lengkap tentu akan membantu pengguna atau pembaca blog.

Buatlah Blog Dengan Materi Spesifik
Blog dengan materi yang jelas dan spesifik, oleh robot mesin pencari akan dianggap memiliki informasi yang tepat sesuai dengan kueri pengguna. Jika Anda mengembangkan bisnis online di bidang fashion, maka buatlah blog yang selalu membahas tentang fashion. Dengan kata lain, blog dengan materi spesifik (nice blog) akan memiliki daya saing lebih tinggi dibanding dengan blog umum. Hal ini disebabkan nice blog memiliki kerapatan kata kunci yang tinggi, sehingga robot mesin pencari akan mendefinisikan bahwa blog dimaksud memiliki relevansi tinggi terhadap kueri pengguna.

Pilihlah Judul Yang Tepat
Judul yang tepat dapat meningkatkan daya saing di hasil penelusuran. Robot mesin telusur akan menempatkan judul blog sebagai salah satu faktor utama dalam menyajikan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna. Pertimbangkan untuk membuat judul dengan bahasa yang paling memasyarakat. Sebagai contoh, jika kita akan membuat blog yang menjual sepatu, maka bisa memilih judul Toko Sepatu Online, bukan Toko Sepatu Murah, karena memang bisnis yang kita kembangkan adalah bisnis online, dan relevansi terhadap kueri pengguna masih lebih baik Toko Sepatu Online daripada Toko Sepatu Murah.

Lakukan Survey Di Google Adwords Untuk Menentukan Kata Kunci Yang Tepat
Google Adwords merupakan tool untuk melihat berapa banyak pengguna yang memasukkan kueri kata kunci tertentu. Dengan tool tersebut, kita juga bisa melihat perkiraan harga iklan perklik jika ada pengguna yang melakukan klik terhadap iklan dengan kueri dimaksud. Fitur ini dapat membantu kita untuk menentukan judul dengan kata kunci yang paling banyak dicari oleh pengguna.

Daftarkan Blog Anda Di Google Webmaster
Apa itu Google Webmaster? Mengapa harus menggunakan Google Webmaster? Google Webmaster merupakan tool yang disediakan oleh Google kepada pemilik blog untuk mendaftarkan blog yang telah dibuat ke robot mesin telusur Google atau dikenal dengan nama Googlebot. Selain itu, Google Webmaster juga menyediakan fitur untuk mengamati struktur dan perkembangan blog. Menggunakan Google Webmaster bisa dikatakan merupakan hal yang harus dilakukan oleh seorang blogger, mengingat mesin pencari milik Google atau Google Search Engine diperkirakan menguasai 70% pengguna.

Buat Posting Berkualitas
Posting berkualitas akan mencerminkan blog yang berkualitas. Jangan sekali-sekali melakukan posting hasil copy/paste dari blog lain. Google akan mengenali bahwa post yang kita publikasikan merupakan hasil copy/paste, sehingga dianggap sebagai blog yang tidak berkualitas. Jika sudah dianggap sebagai blog tidak berkualitas, maka blog kita akan sulit ditampilkan di halaman pertama hasil penelusuran. Jika sudah demikian, sudah pasti pengunjung blog akan sepi, dan bisnis online yang kita jalankan tidak akan berkembang seperti yang diharapkan.

Rutin Membuat Posting
Blog yang rutin dalam melakukan posting oleh Googlebot akan dianggap sebagai blog yang dipelihara dengan baik dan berkualitas. Tentu saja Googlebot akan memprioritaskan blog yang berkualitas untuk ditampilkan saat pengguna memasukkan kueri. Dengan demikian, rutinitas dan interval menulis artikel atau posting juga menjadi salah satu parameter Googlebot. Selain itu, posting yang selalu update akan menunjukkan bahwa bisnis online yang kita jalankan dikelola dengan baik. Oleh karena itu, sebagai seorang blogger profesional, kita tidak boleh jenuh dalam melakukan update artikel atau posting.

Promosikan Blog Di Jejaring Sosial Dan Forum
Promosikan blog dan bisnis online kita di jejaring sosial. Ada banya jejaring sosial yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan blog atau bisnis online, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan Google Plus. Berdasarkan pengalaman pribadi selama menggeluti dunia blogging, saya sangat merekomendasikan untuk mempromosikan blog di Google Plus. Jejaring sosial milik Google yang dirilis pada tahun 2011 ini memiliki korelasi yang cukup baik untuk mengoptimasi blog di hasil penelusuran. Menurut pengamatan para blogger profesional, pemberian vote +1 pada blog kita akan memberikan dampak positif pada hasil penelusuran.

Forum sosial yang dapat digunakan untuk mempromosikan blog juga cukup banyak. Semakin bervariasi forum sosial yang digunakan maka akan memberikan dampak yang positif. Forum sosial juga biasa dimanfaatkan oleh para blogger untuk memperbanyak backlink atau tautan langsung yang mengarah ke blog kita. Semakin banyak backlink maka sebuah blog akan dianggap semakin populer oleh robot mesin pencari. Namun perlu diingat, jangan terlalu berlebihan dalam membuat backlink, apalagi menggunakan backlink berbayar, yang justru berpengaruh negatif terhadap reputasi blog. Buat backlink tampak seperti alami, jika berlebihan, maka robot mesin pencari akan mendefinisikan bahwa blog yang kita buat telah melakukan over optimization.

Konsistensi
Seperti halnya sektor bisnis lain, bisnis online pun harus dikelola dengan sungguh-sungguh dan membutuhkan perjuangan yang besar. Konsistensi dalam membuat posting dan mempromosikan blog tetap dibutuhkan jika bisnis online kita ingin cepat berkembang. Ingat, tidak ada usaha yang berhasil meraih sukses besar dengan cara yang instan.

LOGO TANIJOGONEGORO
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus